BATU MAHAL YANG GAK PUNYA HARGA DIRI. BATU DIPAKAI GANJAL PINTU. MAU TAHU HARGANYA???

 

Inilah salah satu barang yang dikira tak berharga bisa saja merupakan harta karun tersembunyi. Salah satu buktinya terjadi di Romania.

Wanita lanjut usia memungut batu berukuran 3,5 kilogram dari dasar sungai. Ia membawanya pulang ke rumah dan menjadikan batu tersebut sebagai pengganjal pintu.

Tak dinyana, batu itu merupakan salah satu bongkahan amber terbesar di dunia, menurut laporan El Pais. Nilainya diperkirakan mencapai 1 juta euro atau setara Rp 17 miliar.

Amber merupakan resin pohon dari jutaan tahun lalu. Dari waktu ke waktu, fosilnya mengeras dan menjadi material batu mulia.

Di Romania, amber dengan mudah ditemukan di sekitar desa Colti dari aliran sungai Buzau. Sejak 1920, batu mulia itu memang ditambang di sana.

Disebut sebagai 'rumanite', jenis amber ini cukup populer dan bernilai tinggi. Warnanya bernuansa merah yang dalam.

Nenek yang menemukan nugget rumanite tersebut hidup di Colti. Saat dibawa pulang, orang-orang juga tak mengenali bahwa batu tersebut bernilai tinggi.

Bahkan, pernah sekali pencuri perhiasan menargetkan rumah sang nenek, tetapi tidak mengambil batu yang menjadi pengganjal pintu tersebut.

Setelah sang nenek meninggal pada 1991, keluarga yang mewarisi rumahnya mencurigai batu tersebut. Mereka lalu membawa dan menjualnya ke pemerintah Romania.

Setelah diteliti ahli, batu berharga itu dimasukkan ke Museum Sejarah di Krakow, Polandia, dikutip dari Science Alert, Kamis (12/9/2024).

Menurut ahli, amber tersebut berusia sekitar 38-70 juta tahun. Batu itu diklasifikasikan sebagai harta karu nasional Romania.

"Penemuan ini merepresentasikan signifikansi di level sains dan level museum," kata Daniel Costache, Direktur Museum of Buzau.