Yang Unik Tentang Cicak


Coba lihat dinding rumahmu!!! Pasti ada binatang tang khas disitu. Kamu tahu binatang apa itu??? Yap betul...Cicak. Binatang ini memang bisa tinggal di pohon asam, pohon bambu, pohon mangga, pohon kopi atau pohon yang lainnya.

Kamu pasti pernah lihat cicak tapi belum tentu kamu mengetahui fakta - fakta unik tentang cicak. Biar gk penasaran, silakan dibaca:



Cicak adalah hewan reptile yang biasa merayap di dinding-dinding rumah, di atap bahkan di pepohonan sekalipun. Cicak memiliki tubuh lebih kecil dibangdingkan tokek. Cicak biasanya memiliki Warna coklat tetapi ada juga yang berwarna abu-abu. Ciri Khas dari cicak yaitu bisa merayap / menempel di dinding. Tapi tahukah anda apa saja Fakta Menarik tentang Cicak  selain merayap di dinding? Mari kita bahas bersama sama .
1. Cicak Dapat Memutuskan Ekornya
Ketika merasa terancam, cicak memiliki jurus andalan yaitu memutuskan ekornya atau sering disebut juga Autotomi. inilah hal yang khas yang hanya bisa di lakukan oleh cicak.  Tujuannya tiada lain adalah untuk menyelamatkan diri dari sergapan pemangsa lain, ekor yang putus ini di harapkan menjadi pengalih perhatian si pemangsa sehingga pemangsa tidak mengejar cicak melainkan mengejar ekor cicaknya.
2. Tidak ada cicak yang berwarna Putih
Cicak pada umumnya berwarna coklat, kehitam-hitaman, dan abu-abu. Tidak ada cicak yang berwarna putih karena pigmen warna dari si cicak ini cenderung mengarah ke warna coklat .
3. Cecak merupakan perenang handal
Kaki-kaki cicak menyerupai kaki buaya oleh sebab itu cicak dapat di kategorikn perenang yan handal meskipun sangat jarang kita melihat cicak berenang di air, karena habitat dari cicak itu didaratan.
4. Pembentukan sel yang kurang sempurna
Tidak bisa dipungkiri bahwa ekor cicak tidak semuanya lurus, ada juga ekor cicak yang bercabang. Ekor cicak yan bercabang ini di sebabkan oleh pembentukan sel yang kurang sempurna terutama setelah melakukan Autotomi.
5. Dijadikan Obat Alternatif
Sama seperti hewan lainnya, disebaian daerah di indonesia cicak di jadikan obat alternatif untuk menyembuhkan asma dan gangguan paru paru. Entah benar berkhasiat atau tidak, tapi disebagian daerah memakai cicak sebagai obat alternatif.
6. Cicak akan melemah jika terlalu lama disentuh
Entah faktor apa yang menyebabkan itu terjadi. Tetapi jika cicak di sentuh/dipegang terlalu lama cicak akan melemas dengan sendirinya. Tidak Percaya ? Silakan di coba sendiri .