Sukses Di Usia Muda (1)



Dulu kita sering sekali mendengar ungkapan "Mumpung remaja nikmati ajalah masa remajamu". dari ungkpan tadi menunjukkan kalau masa remaja hanya diisi dengan main - main atau hal - hal yang tidak berguna. Istilah yang cocok untuk penerapan ungkapan diatas adalah hura - hura.
Memang tidak semua anak muda melakukan hal seperti itu, banyak anak muda yang sudah memikirkan dan mengisi masa mudanya dengan bekerja keras. Hingga mereka bisa meraih kesuksessan. Saya ambil contoh anak muda yang sukses: 

Rico Huang - 19 Tahun, Lahir di Jakarta, 14 November 1995, anak muda ini mulai merantis bisnisnya sejak SMA kelas 1. Ia lahir di keluarga yang sederhana, Ayah & Ibunya adalah perantauan dari Singkawang dan tinggal di Jakarta dan bekerja sebagai pedagang jam. Saat di Jakarta rumahnya pernah terbakar di lalap api dan kendaraan ayahnya pernah dicuri orang dan ludes habis. Akhirnya orang tuanya harus bekerja ekstra keras untuk menghidupinya. Lantaran tidak tega melihat orang tuanya berdagang dari pagi sampe larut malam dan hampir tidak pernah libur dalam 1 tahun itupun. ia mempunyai cita-cita supaya ekonomi keluarganya bisa maju. Akhirnya ia mulai menjual nasi uduk kelas saat kelas 1 SMA, ia menjual nasi uduk yang ia beli dari tetangganya dan menjual kembali kepada teman-temannya di sekolah. Jualan nasi uduknya pun tak berjalan mulus lantaran pihak sekolah melarang semua siswa untuk berjualan makanan di sekolah.

Bisnis keduanya adalah menjual kaos polos lewat blog dan menawarkan ke teman2nya di sekolah. Dalam kurun waktu 1 bulan ia berhasil menghasilkan uang bersih sebesar 500rb tapi rugi sebanyak 1 juta karna tidak laku saat mencoba stock. Karena tidak laku akhirnya ia mulai belajar tentang dunia “online shop” dengan berjualan aksesoris gadget selama 1 tahun dengan bantuan saudaranya.

Tak tanggung-tanggung selama 2 tahun mengumpulkan modal dengan berjualan aksesoris handphone, di umurnya yang ke 17 tahun ia langsung membuka bisnis kuliner yang ia cita-citakan sejak dulu yaitu mie ayam. Tak berjalan mulus dalam membangun bisnis mie ayamnya akhirnya ia menutup bisnis mie nya dengan sukses dan rugi 15 juta. Sedih, letih, dan hancur sudah ia alami. Tapi apa daya, ia masih optimis bahwa ia mampu mewujudkan cita-citanya untuk membanggakan orang tuanya. Dengan proses jatuh bangun yang panjang akhirnya ia berhasil membangun bisnis aksesoris handphone-nya dan kini ia menjadi supplier aksesoris handphone yang menerima pemesanan hingga puluhan bahkan ratusan aksesoris handphone secara online hanya lewat twitter & kaskus. 

Hutang, Melakukan kesalahan, Ditipu, Membuat pelanggan kecewa sudah pernah ia alami. Namun ia selalu mengambil sisi positif dalam menjalankan bisnisnya. Sekarang omset penjualan aksesoris handphone hanya dengan twitter & kaskus bisa mencapai 100-150jt/bulan di umurnya ke 18 tahun. Ia menjual produk ke toko dan distributor aksesoris hp di setiap kota. Twitter Online Store nya adalah @AlonaGadget 1 Kata yang selalu menjadi pegangannya adalah “What we do today,will determine what we gonna achieve in the future” Kini ia suka berbagi tips & trik berbisnis online di twitternya dan dia sekarang menjadi ketua komunitas bisnis anak muda online, dan suka berbagi dan sharing di twitternya >> @rcohuang .
Akun Komunitasnya --> @BisnisAnakMuda

Baca: sukses di usia muda (2)