Pengertian Ar - Rahman

Mungkin kita tidak merasakan atau tidak mau merasakan sifat Allah SWT yang bernama Ar Rahman, itu disebabkan karena kita terlalu memikirkan dunia. Tetapi Allah Maha Pengasih akan selalu mengasihi kita. sebagaimana kita ketahui kata Ar Rahman Di sebut dalam Al Qur’an sebanyak 57 kali kesemuanya menujuk kepada sifat Allah.
Kata Ar Rahman berasal dari kata Rahima  yang artinya menyayangi atau mengasihi yang terdiri dari huruf Raa, Haa, dan Mim, yang mengandung makna kelemahlembutan, kasih sayang, dan kehalusan.
  • Doa-doa yang berkaitan dengan nama ar-Rahman
    • “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya, dan dari kejahatan apa yang turun dari langit, dari kejahatan yang naik ke langit, dan dari kejahatan fitnah malam dan siang serta dari setiap jalan kejahatan kecuali jalan yang menghantarkan pada kebaikan wahai Zat yang Maha Pengasih. (As-Silsilah as-Shahiha / 840)
    • “Ya Allah, Zat yang memberi kasih sayang-Nya di dunia dan akhirat, Engkaulah yang memberikan kasih sayang kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkaulah yang mencegah kasih sayang dari orang yang Engkau kehendaki. Ya Allah, kasihilah aku, dengan kasih sayang yang aku tidak membutuhkannya lagi dari selain-Mu. Ya Allah, Engkaulah Zat yang Maha Pengasih dan tempat meminta pertolongan. (Shahih at-Targhib wa at-Tarhib / 1821)

  • Pengaruh
Orang yang mengesakan ar-Rahman, hatinya akan penuh dengan kasih sayang, cinta dan iman. Seorang muslim harus bersemangat untuk membantu saudaranya, baik mereka seorang muslim atau bukan. Dan hendaknya ia mencintai orang-orang beriman sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri, menghormati yang lebih tua, mengasihi yang lebih muda, bergembira saat mereka mendapatkan kegembiraan dan bersedih saat mereka mendapatkan kesedihan.
Adapun bentuk kasih sayang terhadap orang kafir adalah dengan mengajak mereka untuk masuk ke dalam Islam dan berusaha menyelamatkan mereka dari azab neraka, serta bersungguh-sungguh dalam menasehati mereka. Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW bersabda, yang artinya “Orang yang pengasih akan dikasihi Allah yang Maha Pengasih, kasihilah penduduk bumi, niscaya penduduk langit akan mengasihi kalian” (Shahih al-Jami’ / 3522)